soal SIM



1.      Sebutkan dan jelaskan perbedaan obyektif dan standar dalam SIM ?
2.      Sebutkan dan jelaskan karakteristik dalam sistem ?
3.      Sebutkan beberapa hal yang merupakan komponen informasi ?
4.      Sebutkan dan jelaskan sumber daya yang paling berharga dalam management informasi ?
5.      Sebutkan beberapa aktivitas dari sistem operasi ?
6.      Sebutkan yang termasuk detail komponen informasi sistem ?
7.      Jelaskan pengertian E-Commerce ?
8.      Sebutkan kendala dalam pengembangan sistem online shop ?
9.      Sebutkan dan jelaskan beberapa model pada SIM ?
10.  Yang termasuk dalam sistem konseptual ?
11.  Jelaskan pengertian beberapa hal berikut (Pada SIM)
-          Tujuan(obyektif)
-          Sistem
-          Prosedur
-          Komponen
-          Management
12.  Ukuran tertentu dari performance adalah ?
13.  Yang masuk dalam kategori struktur masalah adalah ?
14.  Sebutkan dan jelaskan beberapa hal yang mendorong EUC ?
15.  Berdasarkan tingkat management informasi dapat diklasifikasikan menjadi ?
16.  Sebutkan  beberapa hal yang menentukan  nilai informasi ?
17.  Sebutkan beberapa hal yang menentukan kualitas dari informasi serta jelaskan ?
18.  Jelaskan perbedaan data dan informasi ?
19.  Jelaskan pengertian komponen/elemen ?
20.  Jelaskan pengertian dari prosedur ?


JAWAB !

1.      Obyektif
-          Kebutuhan Kepuasan Customer
-          Menghasilkan Roi Untuk pemilik modal
-          Mengoperasikan secara efisien
-          Investasi masa depan
-          Peningkatan penyediaan sumber pengembalian
-          Memperoleh keuntungan penggunaan metode baru
-          Mengoperasikan secara etis
Standar
-          Mencapai hasil penjualan sedikitnya, $ 25 juta per tahun
-          Mempertahankan saham dipasar, 20 %
-          Memelihara tingkat pertumbuhan per tahun 15%
-          Membayar deviden, kepada pemegang saham setiap kwartal
-          Memelihara harga saham dibursa diatas, $ 85 per lembar.
-          Mempertahankan, Accident-Free Days
-          Menjaga Turn-Over karyawan di bawah 10 %
-          Penghasilan setelah pajak, 15% dari penjualan
-          Berhasil mempertahankan perusahaan menghadapi tindakan hukum oleh pelanggan, pemasok, pemerintah
-          Investasi tidak kurang dari 10 % pendapatan penjualan untuk otomatisasi, komputerisasi, dan mekanisasi.

2.      a. Komponen (components)
Suatu sistem, sejumlah komponen yang saling berinteraksi, membentuk satu kesatuan.
Setiap subsistem: sifat-sifat dari sistem yang menjalankan suatu fungsi tertentu, proses sistem secara keseluruhan
 supra system.
b. Batas Sistem (boundary)
daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem lainnya atau dengan lingkungan luarnya.
c. Lingkungan Luar sistem (environments)
diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem.
d. Penghubung (interface)
media penghubung antar subsistem, yang memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu sub sistem ke subsistem lainnya.
e. Masukan (input)
energi yang dimasukkan kedalam sistem, dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input).
f. Keluaran (output)
hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan, yang berguna dan sisa pembuangan.
g. Sasaran ( objectives )
Sasaran dari sistem, masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem.
h. Pengolah ( process)
Suatu sistem dapat : Merubah masukan dan keluaran.
3.      Hardware, software, data, prosedur, dan manusia
4.      Material , uang , mesin , informasi , dan manusia
5.      Proses , input , output , penyimpanan , control
6.      Blok Model , Blok Masukan , Blok Keluaran , Blok Basis Data , Blok Teknologi , Blok Kendali , dan Blok Interface
7.      E-Commerce adalah perdagangan melalui jaringan elektronik
8.      Biaya tinggi , pertimbangan keamanan , dan  perangkat lunak yang tidak tersedia
9.      Model Fisik
Model Naratif
Model Grafik
Model Matematika
10.  Sistem Open Loop
Sistem Closed Loop
Pengolahan Informasi
Pengendalian Management
11.  -    Tujuan(obyektif) : keseluruhan sasaran (goal) yang akan dicapai oleh sistem
-          Sistem : dalam pengolahan data, mesin, dan metode terorganisir untuk mencapai satu set fungsi tertentu.
-          Prosedur : rangkaian operasi klerikal (tulis-menulis), melibatkan beberapa orang di dalam satu atau lebih departement.
-          Komponen : kumpulan komponen/elemen yang saling berkaitan dan bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
-          Management : Proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi
12.  Standar
13.  Masalah Terstruktur, Masalah Tidak Terstruktur, dan Masalah Semi Terstruktur
  1. Meningkatnya pengetahuan tentang komputer
Antrian jasa informasi
Perangkat keras / PC yang relatif murah
Perangkat lunak jadi (Prewritten Software)
15.  Ada 8 yaitu : Sistem abstrak, sistem fisik, sistem alamiah, sistem buatan manusia,
sistem tertentu, sistem tak tertentu, sistem terbuka, dan sistem tertutup
16.  Manfaat (Use)
Biaya (Cost)
17.  a. Relevan (relevancy)
b. Akurat (accuracy)
c. Tepat Waktu (timeliness)
d. Ekonomis (economy)
e. Efisien (efficiency)
f. Dapat dipercaya (reliability)
      18.  - Data lebih cenderung ke penjelasan singkat atau sebuah gagasan yang belum menjelaskan sebuah peristiwa atau hasil kegiatan, data juga tidak bisa digunakan untuk pengambilan keputusan sedangkan informasi adalah hasil pengolahan dari data yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
- Data terkadang tidak dapat digunakan dan diterima oleh akal pikiran penerima, sedangkan informasi dapat berguna dan dapat diterima oleh akal pikiran penerima.
- Data mempunyai lingkup lebih detail dan bersifat teknis, sedangkan informasi menghasilkan penjelasan yang dapat dipakai untuk mengambil keputusan. Data penjualan misalnya merupakan penjelasan yang bersifat mentah, tetapi informasi penjualan per bulan akan dipakai oleh manajemen untuk mengambil suatu keputusan.
      19. Komponen/elemen: kumpulan komponen/elemen yang saling berkaitan dan bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
      20. Prosedur: rangkaian operasi klerikal (tulis-menulis), melibatkan beberapa orang di dalam satu atau lebih departement.

Komentar

Postingan Populer