Analisis Sistem Informasi soal soal

1)   Jelaskan pengertian
a.    Collaboration Diagram : menggambarkan interaksi dan relasi antara proses-proses bisnis dan aktor.
         - Menampilkan perilaku dinamis (berorientasi pada pesan).
         - Collaboration diagram memperlihatkan interkasi obyek yang diorganisasikan sekitar obyek-obyek dan kaitannya antara satu dengan yang lain.

b.    State transition diagram :
State transition diagram memperlihatkan
 -Sejarah hidup suatu kelas
-Kejadian-kejadian yang menyebabkan perubahan dari suatu keadaan kekeadaan yang lain.
-Aksi-aksi yang menghasilkan suatu perubahan keadaan.
-State transition diagrams dibuat untuk obyek-obyek dengan perilaku dinamis yang menonjol.
Menunjukkan perilaku dinamis (berorientasi pada kejadian.)
c.    Recruitmen diagram : Menjelaskan fasilitas yang ada.
d.    Activity diagram : diagram yang menggambarkan worlflow(aliran arus) atau aktivitas dari sebuah sistem atau proses bisnis.

2)   Jelaskan pengertian
1.    Analisa  berorientasi pada objek : Sistem dianggap sebagai kumpulan obyek (konsep, benda) dalam dunia nyata yang melaksanakan sejumlah pelayanan secara terdesentralisasi.  Setiap obyek membungkus (encapsulate) sejumlah prosedur dan data yang berinteraksi dengan obyek lainnya melalui suatu pesan (message).

2.    Rancangan berorientasi pada fungsi : Sistem di dekomposisi menjadi sejumlah fungsi (prosedur, logika) dengan sistem tersentralisasi dimana data dapat dibagi dan digunakan secara bersama.

3.    Rancangan berorientasi pada sistem : merancang atau mendesain suatu sistem yang baik, yang isinya adalah langkah langkah operasi dalam proses pengolahan data & prosedur untuk mendukung operasi sistem.

3)   Sebutkan alasan alasan analisa & perancangan  pada suatu sistem menggunakan metode OOD dan berikan contohnya ?
A.   Karena lebih dekat pada tingkat abstraksi di dunia nyata (mengunakan obyek-obyek untuk konsep penstrukturan perangkat lunak).
B.   Interaksi menjadi lebih mudah dalam suatu komputer.
C.   Pengembangan dan Perawatannya dapat dilakukan secara mudah, iteratif dan terpadu .

4)   Sebutkan pengertian2 dibawah ini dan contohnya:
1.    Reuse : tidak perlu ada penulisan kembali kode.
2.    Rebuilding  : -
3.    Encapsulation : menggabungkan data dan fungsi/program secara bersama-sama .
4.    Incapsulation : -
5.    Recapsulation : -

5)   Sebutkan pengertian2 dibawah ini pada state diagram dan berikan contohnya?
1.    Objek : membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer; objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.
 dalam sebuah program komputer.
2.    Massage : seseorang atau sesuatu yang harus berinteraksi dengan sistem yang akan dikembangkan . atau merupakan satu cara untuk menghubungkan antara satu objek dengan objek lain
3.    Metode infocation : -
4.    Actor : seseorang atau sesuatu yang harus berinteraksi dengan sistem yang akan dikembangkan.

6)   Jelaskan pengertian2:
A.   Final state : Menunjukan bagian akhir dari aktivitas.
Final State digunakan untuk mengakhiri diagram statecahart. Final State digambar menggunakan arrow yang diujungnya terdapat lingkaran yang berisi lingkaran berisi penuh bold.
B. sequencesial branch : keputasan atau kondisif.
C. action state : langkah langkah dalam sebuah activity. Atau dari sistem yang mencerminkan eksekusi dari suatu aksi
D. inisial state : menunjukan awal  aktivitas di mulai.
E. initial Pseudo state : digunakan untuk memulai state chart diagram. Initital Pseudo state digambar menggunakan arrow yang pada bagian awalnya terdapat lingkaran berisi penuh bold.

7)   Jelaskan pengertian dari:
Concurrent join : menunjukan kegiatan yang digabungkan
Finish state : tahap setelah concurent join yang menghasilkan proses
Concurrent  fork :  menunjukan kegiatan yang dicabangkan/pararel

8)    Jelaskan pengertian
a.      Object-Oriented Analysis :
-Definisikan kebutuhan-kebutuhan sistem melalui scenario atau penggunaan kasus-kasus.
-Kemudian, buats uatu model obyek dengan kemampuan memuaskan kebutuhan kebutuhan.
-Output: Model kebutuhan-kebutuhan
-Biasanya menggunakan CRC Cards.
-Memberikan gambar anrinci dari suatu sistem.
-Mengidentifikasi  “WHAT” kebutuhan fungsional (Use Cases)
a.    Identifikasi: objects, classes, operations
b.    Identifikasi:  object relationships, object interations
c.    Bangun model-model di dunianyatamenggunakantampilan OO

-Definisikan kebutuhan-kebutuhan sistem melalui skenario atau penggunaan kasus-kasus.
-Kemudian, buat suatu model obyek dengan kemampuan memuaskan kebutuhan kebutuhan.
-Output: Model kebutuhan-kebutuhan
-Biasanya menggunakan CRC Cards.

b.      Object-oriented Design :
-Model kebutuhan-kebutuhan yang dibuat pada fase analisis diperkaya dalan fase perancangan.
-Kadang-kadang ditambahkan lebih banyak lagi atribut dan pelayanan.
-Ditambahkan antarmuka obyek-obyek.

c.       Rancangan berorientasi Objek : Sistem dianggap sebagai kumpulan obyek (konsep, benda) dalam dunia nyata yang melaksanakan sejumlah pelayanan secara terdesentralisasi.  Setiap obyek membungkus (encapsulate) sejumlah prosedur dan data yang berinteraksi dengan obyek lainnya melalui suatu pesan (message).


9)    Sebutkan tujuan dari dibuatnya sebuah perangkat lunak berorientasi objek contohnya 3 ?
-Menggambarkan dunia sebagai sejumlah obyek-obyek
-Sistem perangkat lunak digambarkan sebagai sekumpulan obyek-obyek yang saling berinteraksi.
-Obyek-obyek dapat digunakan kembali dengan suatu standar karakteristik


10) Sebutkan pengertian :
a.Use case : suatu interaksi khusus antara user dan sistem komputer.
b.Komponen diagram : Component diagram memperlihatkan organisasi dan ketergantungan antara komponen-komponen perangkat lunak.
Komponen dapat berupa: Source code , Run time dan Executable component.


TAMBAHAN

RMI (Remote Method Invocation)

1.        Definisi
RMI adalah sebuah tekhnik pemanggilan method remote yang lebih secara umum lebih baik dari RPC. RMI menggunakan paradigma pemrograman berorientasi obyek. RMI memungkinkan kita untuk mengirim obyek sebagai parameter dari remote method. Dengan dibolehkannya program Java memanggil method pada remote obyek, RMI membuat pengguna dapat mengembangkan aplikasi Java yang terdistribusi pada jaringan.
2.        Tujuan
1.     Menyediakan fasilitas bagi programmer untuk dapat mendistribusikan objek yang digunakan pada beberapa proses yang berbeda.
2.     Dapat berjalan dalam satu mesin ataupun di beberapa mesin yang terhubung dengan jaringan.

Komentar

Postingan Populer