Soal dan jawaban bahan ujian tengah semester interaksi manusia dan komputer

1. Berikut ini adalah contoh implementasi perancangan  interface yang sesuai
     dengan konsep yang dirintis oleh Ben Shneiderman, kecuali
 A.  Adanya pointing dengan mouse       C.  Aplikasi Touch-screen
 B.  Teknologi surface computing           D. 
Teknologi Teleimmersion

2.  Pembuatan prototype suatu sistem merupakan implementasi dari konsep
A.  Deductive reasoning    C.  Inductive reasoning
B.  Abductive reasoning    
D.  Trial and error

3.  Berikut ini adalah contoh penerapan beberapa gaya interaksi antara user
dengan sistem, kecuali
A.  Speech recognition            C.  Tool box pada aplikasi grafis
B. 
XML pada web-services D.  Hyperlink di web

4.  Contoh langkah antisipasi untuk meminimalisir kesalahan (mistake) user dalam
berinteraksi dengan sistem adalah dengan
A.  Memberi jarak antar icon
B.  Memilih ukuran toolbar yang nyaman untuk dilihat
C.  Memilih kontras warna yang jelas pada button
D. 
Membuat manual dan help dari sistem

5. Pada dasarnya seluruh warna yang ada bermula dari
    primer, yang disebut dengan warna primer adalah :
    a. Merah,Hijau, Hitam                    d. Hitam, Biru, merah
    b. Merah, Hijau, Biru                  
    c. Putih, Hitam, Merah

6. Bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia disebut :
    a. Antropometrik             
    b. Pencahayaan                  
    c. Suhu dan Kualitas Udara
    d. Gangguan Suara

7. Dibawah ini adalah komponen antar muka grafis, kecuali :
    a. Tombol Button                                      d. Text Box    
    b. Spin Box                                                
    c. List Box

8. Digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tidak akan terlihat sampai pengguna program  menekan tombol kontrol, adalah :
    a. Spin Box                         d. Tombol Radio                   
    b. Check Box                                                         
    c. Combo Box

9. Sebuah window mendapat focus karena diklik oleh user,disebut :
    a. Keyboard focus                           d. Enter focus
    b. Point to focus                                         
    c. Click to focus

10. Merupakan segala bentuk kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa dan informasi yang  dilakukan secara elektronis disebut :
      a. Bisnis                                                     d. E- business
      b. Intranet                                                  
      c. Internet

11. Listing Object Circle [step](x,y), Radius,  [Color,start,end,aspect] digunakan untuk membuat :
      a. Kotak                                                    d. Lingkaran
      b. Oval                                                      
      c. Persegi


12. Pemrograman grafis pada sistem operasi Windows selalu  menggunakan antar muka yang disebut
      a. IGD (Interface Graphics Device)
      b. DGI (Device Graphics Interface)
      c. GDI (Graphics Device Interface)
      d. IDG (Interface Device Graphics)
13. Pekerjaan yang lebih banyak bekerja dengan program dan pengolahan kata adalah :
      a. Pemasukan Data.                       d. Pekerjaan Interaktif.
      b. Akuisisi Data                             
      c. Pengolahan Kata
14. Kebiasaan bekerja dapat mempengaruhi kinerja ketika  bekerja dengan menggunakan layar tampilan. Merupakan  aspek ergonomik dalam bidang :
      a. Antropometrik                           d. Gangguan Suara
      b. Kebiasaan dalam Bekerja       
      c. Suhu dan Kualitas Udara
15. Aspek keamanan dan kenyamanan kerja ketika meng gunakan stasiun kerja dapat dipengaruhi oleh kondisi umum kesehatan, yaitu :
      a. Radang persendian                 d. Darah tinggi Stress
      b. Penyakit gula                           
      c. Berat badan yang berlebihan
16. Mempunyai sebuah border, sebuah menu bar, dan sebuah status bar, dan mungkin juga mempunyai satu atau lebih  toolbar adalah :                       
      a. Normal Primary                                  d. Dialog Commands
      b. Primary Window                                  
      c. Window Commands    
17. Keuntungan menjadi anggota Mailling List, kecuali :
      a. Dapat Bertanya suatu hal
      b. Memberikan saran atas pertanyaan        
      c. Memberikan suatu informasi
      d. Mendapatkan website gratis                                                 


18. Beberapa ISP di Indonesia  adalah :
      a.Telkom                          d. WasantaraNET
      b. INDO.NET,                   
      c. IndosatNET
19. Syarat agar komputer kita dapat koneksi dengan internet,kecuali :
      a. Mempunyai modem
      b. Memilih paket yang ditawarkan ISP 
      c. Memory komputer yang cukup
      d. Adanya fasilitas Browser
20. Merupakan letak dari objek gambar di monitor, disebut :
      a. Program                                     d. Animasi
      b. Windows                                  
      c. Sistem Koordinat
21. Pada sistem pewarnaan, RGB(0, 0, 0),akan menghasilkan  warna, yaitu :
      a. Merah                                      d. Hijau            
      b. Hitam                                                              
      c. Putih
22. Letak pengontrol udara harus diatur sempurna agar arah aliran udara tidak langsung mengenai user, adalah :
      a. Pengukuran dan Antropometrik
      b. Aspek Ergonomik dari stasiun kerja
      c. Pencahayaan
      d. Suhu dan Kualitas Udara
      e. Gangguan Suara
23. Tombol radio terdiri dari dua bagian, yaitu :
      a. Tombol Scrollbar dan Tombol Menu
      b. Tombol pengendali dan Label sebagai atribut tombol
      c. Tombol button dan Tombol Scrollbar
      d. Tombol pengendali an Tombol Menu
24. Sebuah perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur            akses seseorang kedalam intranet disebut :
       a. Firewall                                    d. IP Adress
       b. Browser                                 
       c. Telnet
25. Melakukan konfirmasi ketika user ingin menghapus datanya atau melakukan aktivitas yang akan menimbulkan resiko adalah :
      a. Preferences Window                d. Authentication Alerts
      b. Property Window                    
      c. Confirmation Alerts
26.  Komunikasi Adalah............................ ?
a.     Terdapat komunikator yang mengirim atau menerima informasi sendiri
b.    
Interaksi antara 2 atau lebih Komunikator yang saling memberi atau menerima
informasi

c.     Interaksi terhadap aplikasi perangkat lunak didalam suatu sistem operasi
d.     Terdapat 2 atau lebih perangkat yang saling terhubung ke Internet

27. Apa saja manfaat Komunikasi dalam Jaringan, kecuali ?
a.      Dapat berhubungan dengan orang Luar lebih mudah dan efektif
b.      
Sukar, karena membutuhkan biaya yang sangat besar
c.      Sangat efisien, karena lebih gampang digunakan dan mudah dalam berhubungan
antara wilayah ataupun diluar daerah
d.      a dan c benar

28. Modem adalah salah satu media yang digunakan dalam menghubungkan Komputer/Leptop
dengan jaringan Internet. Apa kepanjangan dari Modem ?
a.      
Modulator Demodulator
b.      Modulator Demulator
c.      Modulator Demudolator
d.      Modelator Demoulator

29. Tujuan dalam pengembangan Komunikasi dalam Jaringan adalah ..
a.      Mempermudah dalam penyebaran Trojan, Malware, dan Virus computer
b.      Diharapkan dapat meningkatkan Cracking atau Carding dalam ruang lingkup
luas
c.      
Mempermudah dalam melakukan interaksi jarak jauh dengan orang lain
d.      Mempersulit manusia dalam mengirim atau menerima informasi

30. Komunikasi dalam Jaringan memang dapat mendatangkan suatu keutungan, namun
kerugian yang kita rasakan juga antara lain, kecuali ..
a.       Penyebaran Virus di beberapa Website
b.      Banyaknya Prilaku Kriminal di Dunia Maya (Cyber Crime)
c.      
Komunikasi dapat berjalan dengan baik dan mudah
d.      a dan b Benar

31. Gambar diatas menunjukkan Perangkat Jaringan yang digunakan dalam membbuat suatu
Jaringan Komunikasi. Apa nama perangkat tersebut ?
a.      Kabel LAN RJ45
b.      Kabel Fiber Optik
c.      Kabel Coaxial
d.      Kabel Wi-Fi

32. Dalam melakukan Komunikasi di Internet, digunakan sebuah aplikasi penjelajah dunia
Maya atau biasa disebut dengan Browser. Dibawah ini adalah software Browser, antara
lain ..
a.      
Mozaic, IE, Flock
b.
      Mozilla Firefox, IE, GIMP
c.       Google Chrome, IE, GIMP
d.       Flock, Google Chrome, GIMP

33. Apa kerugian dari adanya Komunikasi dalam Jaringan ?
a.       Adanya timbal balik dan saling menguntungkan antar sesama Komunikator
b.       Dapat menjadi lingkungan pembelajaran antar guru dengan siswa
c.       Menjadi media dalam penyebaran Virus, Trojan, atau Malwer di Internet
d.       a dan b Benar

34. Dalam melakukan Komunikasi, kita wajib mengikuti aturan yang berlaku. Salah satunya
adalah ..
a.       Selalu Sopan dan Santun dalam berkomunikasi dengan Orang lain
b.       Membuat keributan seperti saling menyindir dan menghakimi orang lain di Media
Social
c.       Melakukan aktivitas positif seperti diskusi dan bertukar pikiran (sharing) di
dalam suatu komunitas yang telah dibuat
d.       a dan c Benar

35. Apakah yang dimaksud dengan Cyber Crime ?
a.      Cyber adalah Internet dan Crime adalah Eskrim. Sehingga Internet yang dapat
digunakan untuk memperoleh Eskrim

b.      Kejahatan Dunia Maya (Internet) yang dapat menguntungkan satu pihak dan
merugikan pihak dengan cara menghancurkan suatu sistem sehingga pihak yang
diuntungkan dapat dengan mudah masuk kedalam sistem tersebut dan
merusaknya

c.       Suatu tindakan yang dapat menguntungkan orang lain sehingga terjadi
komunikasi yang baik

d.      Suatu perbuatan baik yang dapat digunakan dalam kegitan berinteraksi di
Jaringan Internet

36.     Platform media social yang sering digambarkan sebagai facebook untuk sekolah adalah pengertian dari …
a.      Edmodo
b.     Facebook
c.      Google +
d.     Twitter
e.      Skype

37.     Jika kita ingin masuk Edmodo kita harus memasukkan …… lalu klik sign in.
a.      User name dan password
b.     Nama dan alamat
c.      E-mail dan Username
d.     Alamat dan tanggal lahir
e.      Komentar dan user name

38.     Tahun berapa Edmodo dikembangkan….
a.      Akhir tahun 2000
b.     Pertengahan 2001
c.      Awal tahun 2007
d.     Awal tahun 2008
e.      Akhir tahun 2008

39.     Di bawah ini kelebihan Edmodo, kecuali….
a.      User interface
b.     Sosial media
c.      Compatibility
d.     Aplikasi
e.      Sharing data

40.     Edmodo dirancang untuk membuat siswa atau mahasiswa manjadi….
a.      Bersemangat
b.     Santai
c.      Malas
d.     Kurang bersemangat
e.      Semua benar

41.     Sebelum siswa mendaftar Edmodo siswa harus memasukkan kode grup. Berapa digitkah kode grup yang harus dimasukkan….
a.      5 digit
b.     6 digit
c.      7 digit
d.     8 digit
e.      9 digit

43.     Untuk mendaftar Edmodo sebagai guru kita harus mengklik….
a.      I’m teacher
b.     I’m student
c.      Sign in
d.     I’m parent
e.      I’m professor

44.     Untuk mendaftar edmodo sebagai siswa kita harus mengklik….
a.      I’m teacher
b.     I’m student
c.      Sign in
d.     I’m parent
e.      I’m professor

45.     Di bawah ini fitur-fitur yang disediakan oleh Edmodo, kecuali….
a.      Ganti foto profile
b.     Tampilan seperti facebook
c.      Membuat event atau jadwal kegiatan penting
d.     Interaksi guru dengan murid secara mudah
e.      Tidak bisa diakses oleh HP
46. Di bawah ini adalah fitur edmodo yang dapat dimanfaatkan oleh guru, kecuali….
a.      Quiz
b.     Polling
c.      Game
d.     Library
e.      Assignment

47. Tombol “I’m teacher” dan “I’m student” berfungsi untuk….
a.      Memudahkan para guru dan murid saling berinteraksi
b.     Mempermudah berbagi pengalaman
c.      Mempersulit untuk berinteraksi
d.     Membuat status
e.      Membuat quiz

48. Tombol “I’m techer” digunakan oleh…
a.      Murid
b.     Guru
c.      Orangtua
d.     Sekolah
e.      Pilot

49. Tombol “I’m student” digunakan oleh…
a.      Murid
b.     Guru
c.      Orangtua
d.     Sekolah
e.      Pilot

50. Tombol “I’m a parent” digunakan oleh…
a.      Murid
b.     Guru
c.      Orangtua
d.     Sekolah
e.      Pilot


Komentar

Postingan Populer