Soal dan jawaban bahan ujian tengah semester interaksi manusia dan komputer
1.
Berikut ini adalah contoh implementasi perancangan interface yang sesuai
dengan konsep yang dirintis oleh Ben Shneiderman, kecuali
A. Adanya pointing dengan mouse C. Aplikasi Touch-screen
B. Teknologi surface computing D. Teknologi Teleimmersion
2. Pembuatan prototype suatu sistem merupakan implementasi dari konsep
A. Deductive reasoning C. Inductive reasoning
B. Abductive reasoning D. Trial and error
3. Berikut ini adalah contoh penerapan beberapa gaya interaksi antara user
dengan sistem, kecuali
A. Speech recognition C. Tool box pada aplikasi grafis
B. XML pada web-services D. Hyperlink di web
4. Contoh langkah antisipasi untuk meminimalisir kesalahan (mistake) user dalam
berinteraksi dengan sistem adalah dengan
A. Memberi jarak antar icon
B. Memilih ukuran toolbar yang nyaman untuk dilihat
C. Memilih kontras warna yang jelas pada button
D. Membuat manual dan help dari sistem
dengan konsep yang dirintis oleh Ben Shneiderman, kecuali
A. Adanya pointing dengan mouse C. Aplikasi Touch-screen
B. Teknologi surface computing D. Teknologi Teleimmersion
2. Pembuatan prototype suatu sistem merupakan implementasi dari konsep
A. Deductive reasoning C. Inductive reasoning
B. Abductive reasoning D. Trial and error
3. Berikut ini adalah contoh penerapan beberapa gaya interaksi antara user
dengan sistem, kecuali
A. Speech recognition C. Tool box pada aplikasi grafis
B. XML pada web-services D. Hyperlink di web
4. Contoh langkah antisipasi untuk meminimalisir kesalahan (mistake) user dalam
berinteraksi dengan sistem adalah dengan
A. Memberi jarak antar icon
B. Memilih ukuran toolbar yang nyaman untuk dilihat
C. Memilih kontras warna yang jelas pada button
D. Membuat manual dan help dari sistem
5. Pada
dasarnya seluruh warna yang ada bermula dari
primer,
yang disebut dengan warna primer adalah :
a.
Merah,Hijau,
Hitam d.
Hitam, Biru, merah
b. Merah, Hijau, Biru
c.
Putih, Hitam, Merah
6.
Bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia disebut :
a.
Antropometrik
b.
Pencahayaan
c.
Suhu dan Kualitas Udara
d.
Gangguan Suara
7.
Dibawah ini adalah komponen antar muka grafis, kecuali :
a.
Tombol Button d.
Text Box
b.
Spin
Box
c.
List Box
8.
Digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tidak akan terlihat sampai
pengguna program menekan tombol kontrol, adalah :
a.
Spin
Box d.
Tombol
Radio
b.
Check
Box
c. Combo Box
9.
Sebuah window mendapat focus karena diklik oleh user,disebut :
a.
Keyboard
focus d.
Enter focus
b.
Point to
focus
c.
Click to focus
10.
Merupakan segala bentuk kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk,
jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronis disebut :
a.
Bisnis d. E- business
b.
Intranet
c.
Internet
11.
Listing Object Circle [step](x,y),
Radius, [Color,start,end,aspect] digunakan untuk membuat :
a.
Kotak d. Lingkaran
b.
Oval
c.
Persegi
12. Pemrograman
grafis pada sistem operasi Windows selalu menggunakan antar muka
yang disebut
a.
IGD (Interface Graphics Device)
b.
DGI (Device Graphics Interface)
c. GDI (Graphics Device Interface)
d.
IDG (Interface Device Graphics)
13.
Pekerjaan yang lebih banyak bekerja dengan
program dan pengolahan kata adalah :
a.
Pemasukan
Data. d. Pekerjaan Interaktif.
b.
Akuisisi
Data
c.
Pengolahan Kata
14.
Kebiasaan bekerja dapat mempengaruhi kinerja ketika bekerja
dengan menggunakan layar tampilan. Merupakan aspek
ergonomik dalam bidang :
a.
Antropometrik d.
Gangguan Suara
b.
Kebiasaan dalam Bekerja
c.
Suhu dan Kualitas Udara
15.
Aspek keamanan dan kenyamanan kerja ketika meng gunakan stasiun kerja dapat dipengaruhi
oleh kondisi umum kesehatan, yaitu :
a. Radang
persendian d. Darah
tinggi Stress
b. Penyakit
gula
c. Berat
badan yang berlebihan
16.
Mempunyai sebuah border, sebuah menu bar, dan sebuah status bar, dan
mungkin juga mempunyai satu atau lebih toolbar adalah
:
a.
Normal Primary d.
Dialog Commands
b.
Primary
Window
c.
Window Commands
17.
Keuntungan menjadi anggota Mailling List, kecuali :
a.
Dapat Bertanya suatu hal
b.
Memberikan saran atas
pertanyaan
c.
Memberikan suatu informasi
d. Mendapatkan website
gratis
18.
Beberapa ISP di Indonesia adalah :
a.Telkom d.
WasantaraNET
b.
INDO.NET,
c.
IndosatNET
19.
Syarat agar komputer kita dapat koneksi dengan internet,kecuali :
a.
Mempunyai modem
b. Memilih paket yang ditawarkan ISP
c.
Memory komputer yang cukup
d.
Adanya fasilitas Browser
20.
Merupakan letak dari objek gambar di monitor, disebut :
a.
Program d.
Animasi
b.
Windows
c. Sistem
Koordinat
21.
Pada sistem pewarnaan, RGB(0, 0, 0),akan
menghasilkan warna, yaitu :
a. Merah d.
Hijau
b.
Hitam
c.
Putih
22.
Letak pengontrol udara harus diatur sempurna agar arah aliran udara tidak
langsung mengenai user, adalah :
a.
Pengukuran dan Antropometrik
b.
Aspek Ergonomik dari stasiun kerja
c.
Pencahayaan
d.
Suhu dan Kualitas Udara
e.
Gangguan Suara
23.
Tombol radio terdiri dari dua bagian, yaitu :
a.
Tombol Scrollbar dan Tombol Menu
b.
Tombol pengendali dan Label sebagai atribut tombol
c.
Tombol button dan Tombol Scrollbar
d.
Tombol pengendali an Tombol Menu
24.
Sebuah perangkat lunak / perangkat keras yang
mengatur akses
seseorang kedalam intranet disebut :
a. Firewall d.
IP Adress
b. Browser
c.
Telnet
25. Melakukan
konfirmasi ketika user ingin menghapus datanya atau melakukan aktivitas
yang akan menimbulkan resiko adalah :
a.
Preferences
Window d.
Authentication Alerts
b.
Property
Window
c. Confirmation Alerts
26. Komunikasi Adalah............................
?
a. Terdapat komunikator yang mengirim atau menerima informasi sendiri
b. Interaksi antara 2 atau lebih Komunikator yang saling memberi atau menerima
informasi
c. Interaksi terhadap aplikasi perangkat lunak didalam suatu sistem operasi
d. Terdapat 2 atau lebih perangkat yang saling terhubung ke Internet
27. Apa saja manfaat Komunikasi dalam Jaringan, kecuali ?
a. Dapat berhubungan dengan orang Luar lebih mudah dan efektif
b. Sukar, karena membutuhkan biaya yang sangat besar
c. Sangat efisien, karena lebih gampang digunakan dan mudah dalam berhubungan
antara wilayah ataupun diluar daerah
d. a dan c benar
28. Modem adalah salah satu media yang digunakan dalam menghubungkan Komputer/Leptop
dengan jaringan Internet. Apa kepanjangan dari Modem ?
a. Modulator Demodulator
b. Modulator Demulator
c. Modulator Demudolator
d. Modelator Demoulator
29. Tujuan dalam pengembangan Komunikasi dalam Jaringan adalah ..
a. Mempermudah dalam penyebaran Trojan, Malware, dan Virus computer
b. Diharapkan dapat meningkatkan Cracking atau Carding dalam ruang lingkup
luas
c. Mempermudah dalam melakukan interaksi jarak jauh dengan orang lain
d. Mempersulit manusia dalam mengirim atau menerima informasi
30. Komunikasi dalam Jaringan memang dapat mendatangkan suatu keutungan, namun
kerugian yang kita rasakan juga antara lain, kecuali ..
a. Penyebaran Virus di beberapa Website
b. Banyaknya Prilaku Kriminal di Dunia Maya (Cyber Crime)
c. Komunikasi dapat berjalan dengan baik dan mudah
d. a dan b Benar
31. Gambar diatas menunjukkan Perangkat Jaringan yang digunakan dalam membbuat suatu
Jaringan Komunikasi. Apa nama perangkat tersebut ?
a. Kabel LAN RJ45
b. Kabel Fiber Optik
c. Kabel Coaxial
d. Kabel Wi-Fi
32. Dalam melakukan Komunikasi di Internet, digunakan sebuah aplikasi penjelajah dunia
Maya atau biasa disebut dengan Browser. Dibawah ini adalah software Browser, antara
lain ..
a. Mozaic, IE, Flock
b. Mozilla Firefox, IE, GIMP
c. Google Chrome, IE, GIMP
d. Flock, Google Chrome, GIMP
33. Apa kerugian dari adanya Komunikasi dalam Jaringan ?
a. Adanya timbal balik dan saling menguntungkan antar sesama Komunikator
b. Dapat menjadi lingkungan pembelajaran antar guru dengan siswa
c. Menjadi media dalam penyebaran Virus, Trojan, atau Malwer di Internet
d. a dan b Benar
34. Dalam melakukan Komunikasi, kita wajib mengikuti aturan yang berlaku. Salah satunya
adalah ..
a. Selalu Sopan dan Santun dalam berkomunikasi dengan Orang lain
b. Membuat keributan seperti saling menyindir dan menghakimi orang lain di Media
Social
c. Melakukan aktivitas positif seperti diskusi dan bertukar pikiran (sharing) di
dalam suatu komunitas yang telah dibuat
d. a dan c Benar
35. Apakah yang dimaksud dengan Cyber Crime ?
a. Cyber adalah Internet dan Crime adalah Eskrim. Sehingga Internet yang dapat
digunakan untuk memperoleh Eskrim
b. Kejahatan Dunia Maya (Internet) yang dapat menguntungkan satu pihak dan
merugikan pihak dengan cara menghancurkan suatu sistem sehingga pihak yang
diuntungkan dapat dengan mudah masuk kedalam sistem tersebut dan
merusaknya
c. Suatu tindakan yang dapat menguntungkan orang lain sehingga terjadi
komunikasi yang baik
d. Suatu perbuatan baik yang dapat digunakan dalam kegitan berinteraksi di
Jaringan Internet
a. Terdapat komunikator yang mengirim atau menerima informasi sendiri
b. Interaksi antara 2 atau lebih Komunikator yang saling memberi atau menerima
informasi
c. Interaksi terhadap aplikasi perangkat lunak didalam suatu sistem operasi
d. Terdapat 2 atau lebih perangkat yang saling terhubung ke Internet
27. Apa saja manfaat Komunikasi dalam Jaringan, kecuali ?
a. Dapat berhubungan dengan orang Luar lebih mudah dan efektif
b. Sukar, karena membutuhkan biaya yang sangat besar
c. Sangat efisien, karena lebih gampang digunakan dan mudah dalam berhubungan
antara wilayah ataupun diluar daerah
d. a dan c benar
28. Modem adalah salah satu media yang digunakan dalam menghubungkan Komputer/Leptop
dengan jaringan Internet. Apa kepanjangan dari Modem ?
a. Modulator Demodulator
b. Modulator Demulator
c. Modulator Demudolator
d. Modelator Demoulator
29. Tujuan dalam pengembangan Komunikasi dalam Jaringan adalah ..
a. Mempermudah dalam penyebaran Trojan, Malware, dan Virus computer
b. Diharapkan dapat meningkatkan Cracking atau Carding dalam ruang lingkup
luas
c. Mempermudah dalam melakukan interaksi jarak jauh dengan orang lain
d. Mempersulit manusia dalam mengirim atau menerima informasi
30. Komunikasi dalam Jaringan memang dapat mendatangkan suatu keutungan, namun
kerugian yang kita rasakan juga antara lain, kecuali ..
a. Penyebaran Virus di beberapa Website
b. Banyaknya Prilaku Kriminal di Dunia Maya (Cyber Crime)
c. Komunikasi dapat berjalan dengan baik dan mudah
d. a dan b Benar
31. Gambar diatas menunjukkan Perangkat Jaringan yang digunakan dalam membbuat suatu
Jaringan Komunikasi. Apa nama perangkat tersebut ?
a. Kabel LAN RJ45
b. Kabel Fiber Optik
c. Kabel Coaxial
d. Kabel Wi-Fi
32. Dalam melakukan Komunikasi di Internet, digunakan sebuah aplikasi penjelajah dunia
Maya atau biasa disebut dengan Browser. Dibawah ini adalah software Browser, antara
lain ..
a. Mozaic, IE, Flock
b. Mozilla Firefox, IE, GIMP
c. Google Chrome, IE, GIMP
d. Flock, Google Chrome, GIMP
33. Apa kerugian dari adanya Komunikasi dalam Jaringan ?
a. Adanya timbal balik dan saling menguntungkan antar sesama Komunikator
b. Dapat menjadi lingkungan pembelajaran antar guru dengan siswa
c. Menjadi media dalam penyebaran Virus, Trojan, atau Malwer di Internet
d. a dan b Benar
34. Dalam melakukan Komunikasi, kita wajib mengikuti aturan yang berlaku. Salah satunya
adalah ..
a. Selalu Sopan dan Santun dalam berkomunikasi dengan Orang lain
b. Membuat keributan seperti saling menyindir dan menghakimi orang lain di Media
Social
c. Melakukan aktivitas positif seperti diskusi dan bertukar pikiran (sharing) di
dalam suatu komunitas yang telah dibuat
d. a dan c Benar
35. Apakah yang dimaksud dengan Cyber Crime ?
a. Cyber adalah Internet dan Crime adalah Eskrim. Sehingga Internet yang dapat
digunakan untuk memperoleh Eskrim
b. Kejahatan Dunia Maya (Internet) yang dapat menguntungkan satu pihak dan
merugikan pihak dengan cara menghancurkan suatu sistem sehingga pihak yang
diuntungkan dapat dengan mudah masuk kedalam sistem tersebut dan
merusaknya
c. Suatu tindakan yang dapat menguntungkan orang lain sehingga terjadi
komunikasi yang baik
d. Suatu perbuatan baik yang dapat digunakan dalam kegitan berinteraksi di
Jaringan Internet
36. Platform media social yang
sering digambarkan sebagai facebook untuk sekolah adalah pengertian dari …
a. Edmodo
b. Facebook
c. Google +
d. Twitter
e. Skype
37. Jika kita ingin masuk Edmodo
kita harus memasukkan …… lalu klik sign in.
a. User name dan password
b. Nama dan alamat
c. E-mail dan Username
d. Alamat dan tanggal lahir
e. Komentar dan user
name
38. Tahun berapa Edmodo
dikembangkan….
a. Akhir tahun 2000
b. Pertengahan 2001
c. Awal tahun 2007
d. Awal tahun 2008
e. Akhir tahun 2008
39. Di bawah ini kelebihan
Edmodo, kecuali….
a. User interface
b. Sosial media
c. Compatibility
d. Aplikasi
e. Sharing data
40. Edmodo dirancang untuk
membuat siswa atau mahasiswa manjadi….
a. Bersemangat
b. Santai
c. Malas
d. Kurang bersemangat
e. Semua benar
41. Sebelum siswa mendaftar Edmodo siswa harus memasukkan kode grup. Berapa digitkah kode grup yang harus dimasukkan….
41. Sebelum siswa mendaftar Edmodo siswa harus memasukkan kode grup. Berapa digitkah kode grup yang harus dimasukkan….
a. 5 digit
b. 6 digit
c. 7 digit
d. 8 digit
e. 9 digit
43. Untuk mendaftar Edmodo
sebagai guru kita harus mengklik….
a. I’m teacher
b. I’m student
c. Sign in
d. I’m parent
e. I’m professor
44. Untuk mendaftar edmodo
sebagai siswa kita harus mengklik….
a. I’m teacher
b. I’m student
c. Sign in
d. I’m parent
e. I’m professor
45. Di bawah ini fitur-fitur
yang disediakan oleh Edmodo, kecuali….
a. Ganti foto profile
b. Tampilan seperti facebook
c. Membuat event atau
jadwal kegiatan penting
d. Interaksi guru dengan murid
secara mudah
e. Tidak bisa diakses
oleh HP
46. Di bawah ini adalah fitur edmodo yang dapat
dimanfaatkan oleh guru, kecuali….
a. Quiz
b. Polling
c. Game
d. Library
e. Assignment
47. Tombol “I’m teacher” dan “I’m student” berfungsi
untuk….
a. Memudahkan para guru
dan murid saling berinteraksi
b. Mempermudah berbagi
pengalaman
c. Mempersulit untuk
berinteraksi
d. Membuat status
e. Membuat quiz
48. Tombol “I’m techer” digunakan oleh…
a. Murid
b. Guru
c. Orangtua
d. Sekolah
e. Pilot
49. Tombol “I’m student” digunakan oleh…
a. Murid
b. Guru
c. Orangtua
d. Sekolah
e. Pilot
50. Tombol “I’m a parent” digunakan oleh…
a. Murid
b. Guru
c. Orangtua
d. Sekolah
e. Pilot
Komentar
Posting Komentar